latihan kardio untuk menurunkan berat badan

Apakah Latihan Kardio Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?

Apakah Anda berniat melakukan program fat loss? Jika iya, maka Anda sebaiknya melakukan latihan kardio untuk menurunkan berat badan.

Latihan kardio adalah latihan yang membuat jantung berdetak lebih cepat serta meningkatkan sirkulasi darah.

latihan-latihan ini biasanya jogging, lari, jalan cepat, mountain climb, atau tradmill dan sepeda statis.

Meskipun Anda suka atau tidak, latihan kardio untuk menurunkan berat badan memang cukup efektif serta dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh. Itu adalah manfaat olahraga kardio.

Pertanyaan berikutnya yang sering muncul adalah kapan, durasi, dan olahraga kardio paling efektif untuk menurunkan berat badan?

Agar Anda mencintai latihan ini, maka segera mulai lakukan latihan kardio. Mulailah secara perlahan, baik itu intensitas maupun durasinya.

Cara ini akan membuat tubuh Anda mulai beradaptasi dengan aktivitas baru Anda tersebut.

Jika ini sudah dilakukan dan Anda benar-benar ingin menurunkan berat badan, maka Anda dihadapkan pada dua pilihan yaitu meningkatkan intensitas latihan kardio Anda atau mengurangi kalori yang masuk.

Jika Anda melakukannya secara langsung, maka dikhawatirkan Anda dapat mengalami overtraining atau kerusakan jaringan otot.

Cara terbaiknya adalah dengan mulai latihan kardio untuk menurunkan berat badan. Baru setelah itu tingkatkan intensitas, frekuensi, dan durasi secara bertahap serta biarkan tubuh beradaptasi terlebih dahulu.

Latihan Kardio untuk Membakar Lemak

latihan kardio untuk menurunkan berat badan

Ada yang menyebut bahwa latihan kardio dengan intensitas rendah namun durasinya lebih lama sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Ada pula yang mengatakan bahwa dengan latihan kardio durasi lebih pendek namun intensitas yang tinggi akan memberikan hasil yang baik.

Tentu, penilaian tersebut dapat membuat Anda semakin bingung. Lantas bagaimana cara mengetahui latihan kardio untuk menurunkan berat badan yang efektif?

Dan apakah latihan kardio di gym memang perlu dilakukan untuk memaksimalkan pembakaran lemak?

Intensitas Rendah, Durasi Panjang

latihan kardio untuk menurunkan berat badan

Latihan kardio ini biasanya dilakukan dalam waktu kurang lebih selama 60 menit atau lebih. Latihan ini biasanya disebut dengan Low Intensity Steady State (LISS). Intinya, kalori yang terbakar tersebut sebagian besar berasal dari lemak.

Jenis latihan apapun, tingkat intensitas sangat penting. Hal ini juga perlu diketahui bahwa semakin rendah intensitas latihan, semakin besar presentase energi yang berasal dari oksidasi lemak.

Satu-satunya masalah pada latihan ini adalah jika latihan kardio ini dilakukan ketika kondisi tubuh dalam keadaan katabolik, maka itu akan merugikan otot sebagai energi Anda.

Solusinya adalah beralih dari speed rendah ke speed yang lebih tinggi namun durasi lebih pendek mungkin menjadi pilihan yang baik.

Latihan Kardio untuk Perut dengan Intensitas Tinggi

latihan kardio untuk menurunkan berat badan

Dalam beberapa tahun terakhir, jenis latihan kardio ini begitu populer. Bentuk yang paling efektif membakar lemak adalah disebut High Intensity Interval Training (HIIT). HIIT ini adalah gerakan latihan yang cepat, kemudian memulihkan energi dengan intensitas rendah.

Namun, masih terdapat beberapa orang yang menghindari HIIT karena mereka percaya bahwa semua kalori yang dikeluarkan berasal dari glikogen otot dan bukan dari asam lemak.

Hal tersebut memang benar. Namun, banyak yang melupakan satu hal penting. Hilangnya lemak terjadi melalui proses yang disebut lipolisiss. Lipolisis ini terjadi selama pengeluaran energi melebihi asupan kalori.

Nah, yang paling penting adalah menciptakan defisit kalori jika Anda berniat untuk menurunkan berat badan. Hal ini dapat dicapai dalam waktu yang lebih sedikit dengan intensitas tinggi.

Alasan lain adalah karena pemanfaatan lipid setelah latihan dapat ditingkatkan dengan melakukan HIIT. Ini berarti tubuh Anda akan terus membakar lemak meski beberapa waktu setelah latihan.

Selain itu, latihan HIIT juga dapat menguntungkan untuk otot Anda. Latihan kardio yang intens akan menyebabkan tubuh Anda melepaskan hormon pertumbuhan (growth hormone/GH) yang tentunya membantu Anda mempertahankan dan membentuk otot.

Kadar hormon testosteron juga dapat tumbuh optimal dengan melakukan HIIT. Selama dan setelah latihan HIIT, kadar testosteron menjadi tinggi dan tetap tinggi setelah beberapa jam latihan.

Inilah sebabnya mengapa HIIT menjadi sangat populer baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan maupun yang ingin menjaga massa otot tetap padat dan lean.

Latihan Kardio untuk Menurunkan Berat Badan apa yang Paling Efektif?

latihan kardio untuk menurunkan berat badan

Kedua jenis latihan kardio di atas sangat baik Anda lakukan. Namun sebaiknya lakukan HIIT beberapa kali dalam seminggu. Sementara LISS tidak harus dilakukan setiap minggu.

Memang, keduanya sangat efektif untuk membakar lemak berlebih. Namun keduanya memiliki jalur yang berbeda. HIIT meningkatkan lipolisis yang membantu meningkatkan metabolisme, sementara LISS membakar lemak dan kalori selama latihan.

Yang sebaiknya Anda lakukan adalah melakukan HIIT 2-3 dalam seminggu, dan tambahkan LISS jika diperlukan. Perlu diingat, akan lebih maksimal penurunan berat badan jika Anda juga melakukan latihan beban rutin sebanyak 4-5 kali dalam seminggu.

Jangan lupa, konsumsi suplemen pembakar lemak terbaik untuk menurunkan berat badan. Dengan minum suplemen pembakar lemak, Anda dapat turunkan berat badan dalam waktu yang singkat asal diimbangi dengan latihan dan pola makan yang tepat.

Sudah siap untuk melakukan olahraga kardio paling efektif menurut Anda? Let’s do it.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes