Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

7 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Saat Program Fat Loss

Bagaimana cara meningkatkan metabolisme tubuh agar berat badan cepat turun?  Di bawah ini akan dijelaskan 7 cara meningkatkan metabolisme tubuh dengan mudah, supaya pembakaran kalori dalam tubuh tetap terjaga.

Sudah banyak artikel di www.DuniaFitnes.co.id yang menjelaskan faktor atau hal apa yang membuat Anda sulit untuk menurunkan berat badan.

Salah satu faktor tersebut adalah berbedanya sistem metabolisme tubuh dalam setiap individu.

Jika proses metabolisme tubuh berjalan lambat, maka pembakaran kalori yang dilakukan di dalam tubuh tentunya juga sangat lambat.

Sebaliknya, jika pembakaran tubuh Anda cepat, tentunya Anda juga semakin cepat pula meraih gol yang Anda inginkan.

Namun, bagi Anda yang merasa proses metabolisme di dalam tubuh Anda lambat, maka Anda tak usah gusar. Karena, terdapat beberapa metode untuk mempercepatnya.

Baca artikel cara meningkatkan metabolisme tubuh ini sampai habis dan Anda akan DAPAT tips paling mudah untuk membantu turunkan berat badan Anda.

1. Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh dengan Angkat Beban

 

Mungkin beberapa dari Anda hanya akan mengatakan,’

‘Latihan beban hanya untuk mereka yang ingin punya tubuh kekar dan berotot’

‘Latihan beban hanya untuk kaum pria’

‘Latihan beban hanya untuk dilakukan atlet binaraga’

Sebaiknya, segera singkirkan pernyataan seperti di atas.

Apabila Anda menganggap bahwa latihan beban hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah berotot, maka Anda salah.

Latihan beban merupakan latihan wajib yang harus Anda lakukan dalam setiap sesi latihan. Baik bagi Anda yang mempunyai goal meningkatkan massa otot maupun menurunkan berat badan.

Ketika melakukan angkat beban, maka akan membuat otot Anda akan bekerja lebih keras sehingga membuatnya merasakan stres. Stres pada otot ini nanti diartikan sebagai perusakan jaringan otot yang bersifat sementara karena dipaksa mengangkat beban yang berat.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Setelah otot berhasil memperbaiki dirinya, maka otot tersebut akan bertambah baik dari massa maupun kekuatannya.

Dan dengan angkat beban, proses metabolisme tubuh Anda akan tetap tinggi sehingga pembakaran kalori tetap terjaga.

So, jangan anti untuk latihan menggunakan beban berat bila target Anda adalah mengetahui cara meningkatkan metabolisme tubuh.

2. Bikin Metabolisme Tubuh Lebih ‘Meledak’ dengan Latihan Superset

 

Tentu, bagi pemula mendengar latihan superset mungkin menganggap bahwa metode latihan ini tergolong ke dalam latihan yang luar biasa beratnya.

Padahal, jika sudah mengetahui metode latihan ini Anda pasti akan merasakan banyak manfaatnya.

Superset adalah salah satu teknik latihan yang mengombinasikan dua jenis latihan dan melakukan latihan ini dengan berurutan tanpa ada jeda di antara latihan tersebut.

Sangat efektif, karena latihan ini memungkinkan otot Anda untuk melakukan variasi latihan di mana setelah melakukan satu set latihan X, Anda akan berlanjut ke satu set latihan Y tanpa jeda istirahat.

Selain lebih efektif, latihan ini lebih menghemat waktu Anda. Selain itu, dengan latihan ini produksi asam laktat juga semakin meningkat.

Pasalnya, ketika pertumbuhan hormon Anda meningkat, tubuh akan berada di kondisi anabolik atau pembentukan otot, yang berarti Anda akan mendapatkan pertumbuhan otot lebih maksimal dalam waktu yang singkat.

Masih ingat kan dasar pembakaran lemak? Yaitu semakin banyak otot maka semakin tinggi pembakaran lemak.

3. Persingkat Waktu Istirahat (Jeda) Latihan

cara meningkatkan metabolisme tubuh

Terkadang, hal ini memang sedikit banyak diremehkan.

Menahan nafas untuk waktu yang lama antara set tidak akan bekerja jika tujuan Anda untuk menghilangkan lemak.

Hal ini disampaikan oleh Cody Ivey, dalam artikelnya di bodybuilding.com.

Cody juga menggemari teknik superset, untuk itu dirinya merekomendasikan untuk beristirahat 30 detik di antara setiap set.

4. Jangan Lupa, Latihan Kardio Sebagai Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

 

cara meningkatkan metabolisme tubuh

Latihan kardio berlebihan disebut-sebut akan menyusutkan massa otot Anda.

Yang paling penting untuk digaris bawahi di sini adalah BERLEBIHAN. Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan sangat tidak disarankan. Begitu pula saat berlatih kardio sebagai cara meningkatkan metabolisme tubuh.

Anda tak perlu takut untuk kehilangan massa otot Anda karena kardio, selama Anda tak melakukannya dengan berlebihan. Berlebihan di sini diartikan dalam tempo yang lama dengan intensitas yang tinggi.

Pada dasarnya latihan kardio sangat cocok untuk seseorang yang dengan program penurunan berat badan. Yakni sebagai cara meningkatkan metabolisme tubuh.

Oleh sebab itu, bila Anda yang ingin memiliki bobot tubuh ideal, maka Anda wajib melakukan latihan ini. Untuk menghapus kekhawatiran Anda, maka seimbangkan latihan kardio dengan latihan-latihan lainnya. Misalnya, angkat beban, deadlift, squat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Latihan Kardio Lebih Dalem dengan HIIT

cara meningkatkan metabolisme tubuh

Sudah akrab bukan dengan metode latihan ini?

High Intensity Interval Training sering disebut juga dengan HIIT. Tidak hanya membakar kalori, metode ini juga sangat cocok untuk Anda yang melakukan sprint dengan periode latihan yang cukup sering.

Secara signifikan, HIIT akan membanti meningkatkan metabolisme tubuh yang pada akhirnya juga membantu tingkatkan pembakaran kalori. Bahkan hingga hingga 24 jam setelah latihan.

HIIT akan membakar lebih banyak kalori dalam waktu yang singkat, hal ini akan sangat ideal dilakukan oleh seseorang yang bekerja sangat panjang setiap harinya.

Bukan hanya itu, HIIT juga dapat membangun otot, dan artinya lebih banyak otot sama dengan lebih banyak pengeluaran kalori dalam tubuh Anda.

6. Perhatikan Kalori yang Tersembunyi

cara meningkatkan metabolisme tubuh

Jika Anda biasa menikmati segelas jus dengan makanan Anda atau menggunakannya untuk mencampur shake protein Anda, maka Anda perlu mengawasinya lebih cermat.

Menurut penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition, 37 persen dari warga Amerika, total kalori harian berasal dari gula yang terkandung dalam minuman, termasuk soda dan jus buah.

Kalori yang terkandung dalam minuman tersebut tidak membantu Anda untuk merasakan kenyang lebih lama. Jika Anda menginginkan sesuatu yang manis, maka Anda bisa memilih buah-buahan yang banyak menyediakan vitamin, mineral, dan serat.

7. Pemilihan Suplemen yang Tepat

 

Latihan (olahraga) dan diet (pengaturan pola maka), sangatlah menentukan proses metabolisme tubuh Anda. Semakin banyak aktivitas dan konsumsi makanan yang sehat, maka metabolisme tubuh akan terjaga.

Agar program latihan dan diet ini lebih maksimal, Anda bisa menambahkan suplemen.

Kendati suplemen tidak akan secara langsung mengubah bentuk tubuh Anda dalam satu malam, setidaknya dengan mengonsumsinya maka asupan nutrisi tubuh juga semakin terpenuhi.

Pada akhirnya program Anda untuk meraih berat tubuh ideal juga semakin cepat tercapai. Pilihlah suplemen yang benar-benar terpercaya untuk menurunkan berat badan Anda.

Seperti halnya Ultra Ripped Fast Acting Formula dari Ultimate Nutrition. Suplemen ini merupakan pembakar lemak terbaik dan terbukti efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh, membakar lemak, serta meningkatkan ketahanan, energy, dan stamina Anda.

Di atas adalah beberapa cara meningkatkan metabolisme tubuh, untuk membantu memaksimalkan program penurunan berat badan Anda. Jika sudah melakukan poin-poin di atas, maka Anda sudah siap untuk miliki bentuk tubuh yang ideal. Semoga bermanfaat.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes