cara menguruskan badan dengan cepat

30 Cara Menguruskan Badan dengan Cepat (Part 2)

Berikut ini ada 30 cara menguruskan badan dengan cepat yang bisa Anda lakukan untuk segera mewujudkan berat badan yang ideal dan menawan impian Anda.

Artikel ini adalah sebagai lanjutan pada artikel sebelumnya tentang cara menguruskan badan dengan cepat part 1.

16. Konsisten Bangun Lebih Awal

cara menguruskan badan dengan cepat

Ada semakin banyak bukti yang mengatakan bahwa jam internal alami tubuh kita atau ritme sirkadian, dapat mendorong banyak proses biologis tubuh, termasuk maintenance berat badan.

Ritme sirkadian cenderung tersinkronisasi pada siang hari.

Inilah sebabnya mengapa hasil penelitian seperti yang dikutip dari laman Rd.com, menyebutkan bahwa pekerja shift cenderung memiliki tingkat obesitas dan penambahan berat badan yang lebih tinggi.

Hal ini disebabkan jam tubuh mereka tidak sinkron (beberapa waktu mendapat shift malam).

Bahkan, masih pada laman yang sama, para pekerja shift ini memiliki siklus tidur yang terganggu dan berpotensi prediabetic: yaitu risiko obesitas dan mengarah ke diabetes tipe dua.

17. Cara Menguruskan Badan dengan Cepat, Singkirkan Peralatan Digital Saat Hendak Tidur

cara menguruskan badan dengan cepat

Ritme sirkadian tubuh tampaknya memang berpengaruh pada manajemen berat badan.

Adakah hal lain yang dapat mengganggu ritme sirkadian?

Ada. Yaitu cahaya biru dari perangkat digital.

Pada beberapa penelitian juga dikatakan bahwa semakin sering atau banyak menggunakan perangkat digital, maka semakin tinggi risiko obesitas.

Ada dua alasan utama.

Pertama. Semakin banyak waktu yang dihabiskan di depan layar perangkat digital sehingga semakin sedikit waktu untuk bermain, bergerak, atau olahraga fisik.

Para peneliti juga percaya bahwa cahaya biru pada perangkat digital dapat mengganggu jam internal alami tubuh.

Sebuah penelitian menemukan bahwa menggunakan alat pemancar cahaya biru sebelum tidur menunda pelepasan melatonin, yaitu hormon yang bertanggung jawab pada tidur.

Dan ini, efeknya akan dibawa hingga ke malam berikutnya.

Pastinya, hal ini akan mengganggu program kita sebagai cara menguruskan badan dengan cepat.

18. Jangan Lupa Untuk Isi ‘Bahan Bakar’

cara menguruskan badan dengan cepat

Bukan premium, pertalite, atau pertamax, bahan bakar yang dimaksud disini adalah energi tubuh.

Meskipun kita sedang menerapkan program defisit kalori sebagai cara menguruskan badan dengan cepat, bukan berarti kita harus melakukannya secara drastis.

Tetap penuhi tubuh kita dengan kalori yang cukup dari nutrisi-nutrisi yang tepat. Tujuan utamanya adalah agar tubuh kita tetap membakar lemak sebagaimana mestinya.

Otot-otot tubuh kita membutuhkan kombinasi protein dan karbohidrat untuk mengisi kembali toko energi dan membangun otot yang baru.

Pada sebuah penelitian dikatakan, orang-orang yang mengonsumsi 270 kalori dari 24 gram protein dan 36 gram karbohidrat, setelah latihan mereka bisa kehilangan sekitar empat pon lemak dan membangun lebih banyak otot daripada mereka yang tidak mengisi bahan bakar tubuh dengan konsumsi makanan.

Begitu pula dengan konsumsi makanan setelah latihan (protein dan karbohidrat), ini akan sangat berdampak baik pada pemulihan dan pertumbuhan otot. Ingat, semakin banyak otot maka semakin tinggi pembakaran lemak.

Selain itu, makan setelah latihan mampu menghindarkan kita dari makan berlebih pada siang hari.

19. Makan yang Cukup

cara menguruskan badan dengan cepat

Banyak yang mengatakan, segala sesuatu yang berlebihan akan tidak baik pada akhirnya, begitu juga sebaliknya.

Hal ini juga berlaku ketika tubuh kita mengalami defisit kalori karena ingin menurunkan berat badan.

Seperti yang sudah disinggung di poin sebelumnya, menciptakan defisit kalori memang baik untuk fat loss.

Tetapi bila dilakukan secara drastis atau tubuh makan sedikit kalori, maka hal itu bisa mengganggu metabolisme tubuh kita.

Pada keadaan tersebut, tubuh akan masuk pada mode kelaparan, sehingga memanfaatkan setiap kalori yang ada dengan memperlambat metabolisme.

Hingga pada suatu ketika, tubuh kita akan merasa nafsu makan yang tinggi dan bisa memaksa otak kita untuk makan yang lebih banyak.

Bila terjadi terus-menerus, maka ini sama saja membuat program kita menjadi sia-sia.

20. Jangan Terlalu Banyak Duduk

cara menguruskan badan dengan cepat

Artinya, kita dituntut untuk lebih banyak aktif bergerak.

Membuat tubuh bekerja atau bergerak tidak harus dilakukan di gym. Kita bisa melakukannya di kantor maupun di rumah.

Ketika di kantor misalnya, kita disarankan untuk tidak terlalu lama pada posisi duduk.

Untuk membuat tubuh tetap aktif, coba untuk berdiri setiap mengangkat telpon, atau naik turun tangga setiap beberapa jam agar tubuh kita tetap bergerak.

Cara-cara sederhana ini juga dapat membantu tubuh kita untuk membakar lemak.

Tak percaya? Silakan buktikan sendiri.

21. Hindari Diet Soda

Diet soda atau minuman berenergi bisa berdampak pada plasebo mental, membuat kita merasa lebih semangat dalam beraktivitas karena kalori dari minuman tersebut.

Padahal, kalori yang ada pada minuman tersebut bisa sangat besar dan mengandung tinggi gula.

Kalaupun kita lanjut berolahraga setelah itu (minum), maka hal itu cukup baik.

Namun bila lupa dan melakukan hal lain, maka ini bisa mengganggu program fat loss kita karena nyatanya dapat menimbun kalori berlebih dalam tubuh kita.

22. Coba Konsumsi Whole Grains (Biji-Bijian Utuh)

cara menguruskan badan dengan cepat

Bagaimanapun, asupan kalori dari nutrisi yang tepat sangat penting dalam program penurunan berat badan.

Untuk nutrisi yang tepat, kenapa tidak mencoba dari makanan-makanan whole grains (biji-bijian utuh).

Penelitian terbaru yang diterbitkan di Plant Foods and Human Nutrition menemukan bahwa setelah 12 minggu, pria yang hanya makan biji-bijian utuh dapat memangkas 1 inchi perut mereka. Sementara mereka yang mengonsumsi biji olahan (refined grains) tidak kehilangan berat badan.

23. Bakar Lemak Lebih Banyak Pada Pagi Hari

cara menguruskan badan dengan cepat

Melakukan latihan atau olahraga sebagai awal aktivitas harian dikatakan mampu membakar lemak lebih banyak, jika dibandingkan ketika berlatih setelah beraktivitas lain.

Ketika baru bangkit dari tidur, karbohidrat, adalah pilihan sumber energi yang disukai oleh tubuh.

Namun, karbohidrat pada saat bangun tidur masih sedikit sehingga otot kita akan dipaksa membakar lemak sebagai bahan bakar. Proses ini disebut dengan ketosis.

24. Aktivitas Saat Udara Dingin

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Scientific Reports, suhu dingin tubuh dapat mengubah lemak tubuh dari lemak putih menjadi lemak cokelat.

Lemak ini dapat membantu kita membakar kalori dan membakar lemak dengan cepat.

Meskipun penelitian lebih lanjut perlu dilakukan, namun ini bisa dijadikan rekomendasi bahwa latihan saat udara dingin mungkin berpotensi membakar lemak lebih banyak.

25. Keep Woles

Sudah tahukan yang dimaksud? Yaitu tetap woles biar tidak stres.

Stres merupakan salah satu yang dapat menghambat program fat loss kita. Terutama ketika kita menginginkan pangkas lemak di perut.

Peneliti dari University of Florida menemukan bahwa stres yang kronis menstimulasi produksi protein yang disebut betatrophin, ini mengganggu metabolisme lemak.

Bagaimana cara mengurangi stres? Bisa banyak cara yang dilakukan, mulai dari liburan, yoga, atau temukan kegiatan apa saja untuk menghilangkan stres dan masalah berat badan akan segera hilang.

26. Minum Susu

cara menguruskan badan dengan cepat

Minum susu sangat penting sebagai cara menguruskan badan dengan cepat.

Susu sapi segar misalnya, mengandung banyak nutrisi penting untuk membakar lemak, termasuk vitamin D dan kalsium.

Selain itu, susu juga mengandung protein yang tinggi, dimana protein dibutuhkan otot tanpa lemak.

Itulah sebabnya mengapa minum susu (yang mengandung tinggi protein) sangat disarankan dikonsumsi setelah latihan daripada minuman lain.

27. Tetap ‘Aktif’ di Ranjang

Tentu ini disarankan bagi kita yang sudah halal, yaitu kegiatan seksual.

Walaupun belum bisa dikatakan sebagai olahraga, akan tetapi aktivitas seksual juga dapat membakar kalori.

Peneliti dari Kanada menemukan bahwa setiap berhubungan badan, baik pria maupun wanita dapat membakar hingga 101 kalori.

Selain itu, hormon yang dilepaskan saat berhubungan, oksitosin, dapat membantu mengurangi nafsu makan.

Menyenangkan bukan salah satu cara menguruskan badan dengan cepat?

28. Jangan Lupa, Baca Label Nutrisi

cara menguruskan badan dengan cepat

Bukan hanya membaca label nutrisi yang ada di suplemen, melainkan pada makanan dalam kemasan apapun.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Agricultural Economics menemukan bahwa orang yang membaca label nutrisi cenderung lebih lean daripada mereka yang cuek.

Ada juga bukti bahwa orang yang teliti membaca label nutrisi, mereka akan menolak makanan yang memang memiliki kalori lebih tinggi.

29. Puasa

Selain karena melakukan ibadah (bagi yang menjalankan), puasa juga bisa disebut sebagai salah satu cara menguruskan berat badan dengan cepat.

Bila tidak melakukannya seperti ibadah puasa Ramadhan, kita bisa melakukan intermitten fasting, puasa mulai dari 10.30 – 18.30. Ini adalah cara yang baik untuk mendongkrak metabolisme tubuh.

Atau berpuasa selama dua hari berturut-turut dalam seminggu.

Taktik seperti ini dikatakan oleh ahli nutrisi dari Academy of Nutrition and Dietetics, Seatle, dapat memangkas kadar lemak berlebih dalam tubuh.

30. Makan Kacang-Kacangan

cara menguruskan badan dengan cepat

Yang terakhir ini tampaknya sudah umum diketahui bagi pelaku diet.

Protein merupakan keharusan bagi kita jika ingin menurunkan berat badan dengan cepat.

Sumber protein tidak hanya didapat dari daging atau putih telur saja, melainkan juga bisa berasal dari kacang-kacangan.

Kacang-kacangan merupakan sumber protein dengan rendah kalori dan lemak.

Beberapa jenis kacang juga mengandung tinggi serat.

Bila kita sudah bosan atau puas dengan daging, maka alternatif yang tepat untuk mendapatkan protein adalah dari kacang-kacangan.

Bagaimana? Sudah siap melakukan ke-30 cara menguruskan badan dengan cepat di atas?

loading…


Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes